Inilah Berbagai Macam Diet yang Paling Populer

cara diet sehat, cara sehat untuk diet, berbagai macam trik sehat diet, cara menurunkan berat badan secara cepat, cara cepat untuk diet, tips diet sehat, cara sehat untuk diet



Mempunyai berat badan yang ideal adalah idaman semua orang baik pria maupun wanita, mungkin jika kita berat badan kita kurang atau berlebih pastinya akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri kita lalu bagaimana cara agar badan kita menjadi ideal? baca artikel sebelumnya yang membahas mengenai Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Lalu bagaimana cara menurunkan berat badan yang efektif? Sebagian besar pasti menjawab dengan cara diet. Diet dianggap cara yang paling efektif menurunkan berat badan. Ada berbagai macam diet yang dapat dipilih. Tentunya disesuaikan dengan kondisi tubuh. Lebih baik lagi bila dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Berikut beberapa macam diet yang dapat diterapkan :

1. Diet OCD
Diet ini merupakan metode yang dideklarasikan pertama kali oleh Dedy Corbuzier. Diet dengan metode ini tidak melarang pelaku diet mengkonsumsi apapun. Pelaku diet bisa makan apapun yang mereka suka dan biasa konsumsi. Kunci diet ini hanya satu yaitu jangan terlalu berlebihan. Metode diet ini seperti berpuasa. Jadi, pelaku diet yang menerapkan metode ini bisa makan selama 4, 6, bahkan 8 jam, asalkan setelah itu para pelaku diet tidak diperkenankan makan apapun kecuali minum air putih.

2. Diet Food Combining
Diet ini tidak membatasi jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kunci dari metode diet satu ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang alami. Misalnya saja sayur-sayuran dan berbagai jenis buah segar yang langsung tanpa melewati proses pencernaan yang rumit.

3. Diet Makan Tanpa Rasa
Diet yang selanjutnya adalah diet dengan mengkonsumsi beragam makanan tanpa rasa. Tidak ada persyaratan khusus perkara makanan apa yang harus dan tidak harus untuk dikonsumsi. Beragam makanan boleh dikonsumsi asalkan tanpa rasa. Biasanya jenis makanan tanpa rasa yang harus dikonsumsi ini dimasak dengan cara direbus.

4. Diet Makan Nasi Merah dan Dada Ayam
Diet ini baru populer sekitar 2 tahun terakhir. Metode ini dinyatakan cukup unik karena pelaku diet justru dianjurkan untuk sering makan. Akan tetapi, untuk memperlancar program diet, asupan makanan pun tidak boleh asal atau sembarangan. Makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi adalah nasi merah dan dada ayam atau ikan. Selain itu, buah-buahan segar juga sangat disarankan untuk dikonsumsi.

5. Diet dengan Tanpa Mengkonsumsi Nasi
Diet ini termasuk metode yang populer adalah metode diet dengan tanpa mengkonsumsi nasi. Hal tersebut karena nasi dianggap sebagai salah satu penyebab kegemukan dan diabetes. Oleh sebab itu, nasi merupakan makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

6. Diet Rendah Lemak
Diet bukan berarti tidak makan makanan yang mengandung lemak sekalipun. Faktanya untuk tetap berenergi, tetap harus makan 30-35 persen dari total kalori dari lemak. Pada diet rendah lemak ini harus menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti goreng-gorengan. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti kacang dan ikan bisa dikonsumsi.
Produk-produk rendah lemak atau low fat yang sekarang banyak di pasaran juga dapat menjadi salah satu makanan pilihan. Mulailah mengganti susu, gula dan produk makanan dan minuman lainnya dengan bahan-bahan yang sehat.

7. Diet Vegetarian
Vegetarian seringkali dikaitkan dengan kepentingan budaya, agama, dan ekologi, namun sebenarnya menjadi vegetarian juga bermanfaat bagi kesehatan. Menurut American Heart Association, beberapa studi telah menunjukkan bahwa para vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami obesitas, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan diabetes.
Seluruh diet vegetarian, meskipun ada yang masih mengandung telur dan produk susu, seringkali memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang lebih sedikit, dan lebih banyak karbohidrat kompleks, serat, magnesium, asam folat, vitamin C, dan E, serta karotenoid dibandingkan dengan diet yang mengandung daging.

8. Diet Dash
Dash merupakan akronim dari “dietary approaches to stop hypertension” atau “diet yang bertujuan untuk mengatasi hipertensi” merupakan diet yang dicetuskan oleh National Heart Lung and Blood Institute untuk menurunkan tekanan darah. Diet ini menekankan pada makanan yang seimbang yang kaya kandungan buah, sayuran, produk susu bebas lemak atau rendah lemak, gandum utuh, ikan, ayam, kacang-kacangan serta biji-bijian. Diet ini juga mengandung sedikit sodium, gula, lemak, dan daging merah.

Diet ini akan cepat menurunkan tekanan darah, dan disarankan mengimbangi pola diet ini dengan olahraga teratur. Sebuah studi menunjukkan bahwa tekanan darah sistol akan turun sebanyak 16 poin, dan diastol sebanyak 10 poin.

9. Diet Bland
Bagi yang memiliki masalah dalam saluran saluran pencernannya, biasanya sang dokter akan merekomendasikan diet bland ini. Dalam diet bland biasanya harus mengkonsumsi makanan-makanan yang lunak yang rendah lemak dan juga rendah serat.

Makanan yang harus dimakan sebaiknya dikukus terlebih dahulu agar mudah dicerna. Susu, yoghurt dan keju atau sayuran dan buah yang sudah dimasak bisa menjadi pilihan. Jangan lupa untuk menghindari makanan pedas, goreng-gorengan dan makanan mentah.

7. Diet Ketogenik
Diet ketogenik bukan merupakan jenis diet yang cocok untuk semua orang. Jenis diet ini diutamakan untuk orang yang menderita epilepsi (terutama anak-anak) dan tidak mampu merespon obat. Diet ini mengandung rasio lemak, karbohidrat, dan protein yang sangat spesifik yaitu sekitar 80 persen lemak, 15 persen protein, dan 5 persen karbohidrat.Makanan yang disarankan dalam diet ini adalah makanan yang banyak mengandung lemak antara lain es krim, daging, telur, sosis, udang, tuna, mayones dan makanan lain yang mengandung lemak tinggi serta karbohidrat yang rendah. Selain itu diet ini juga menghindari makanan yang mengandung zat tepung dan gula sederhana seperti buah-buahan, sayur-sayuran, roti, pasta. Menurut Mayo Clicic efek samping dari diet ini adalah dehidrasi, kekurangan energi, dan mudah lapar.

Diet-diet diatas tentu harus dilakukan dengan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Demikianlan pembahasan diet untuk pertemuan kali ini semoga dengan informasi diet diatas menjadi solusi untuk menurunkan berat badan kita semua, jangan lupa menjaga berat badan anda jika sudah ideal anda bisa membacanya di artikel sebelumnya tentang Cara Menstabilkan Berat Badan yang Ideal Secara Alami. Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat buat semua.
Inilah Berbagai Macam Diet yang Paling Populer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nanda Prasetya