Cara Alami Merawat Wajah Berminyak dan Kusam

Cara Alami Merawat Wajah Berminyak dan Kusam Dengan Mudah - Masih di dalam pembahasan kecantikan, kali ini saya akan memberikan sebuah tips tentang bagaimana merawat wajah yang penuh dengan minyak (wajah berminyak). Memiliki wajah berminyak dapat membuat kulit wajah terlihat kusam. (Baca juga: Inilah Penyebab dan Cara Alami Mencegah Penuaan Dini)
tips wajah berminyak, cara mengurangi wajah berminyak, triks menghilangkan wajah berminyak

Selain itu, minyak di wajah dapat menyulitkan kita untuk memilih make-up yang tepat. Namun begitu, sebenarnya kulit berminyak memiliki potensi untuk membuat wajah terlihat awet muda dibandingkan jenis kulit lainnya. Hanya saja, kita harus memilih perawatan yang tepat.
 Menarik: Cara Alami Menghilangkan Garis Halus di Bawah Mata
Sebelum kita membahas mengenai cara merawat wajah berminyak dan kusam, ada baiknya kita mengerti dulu apa saja penyebab wajah berminyak.


Berikut ini beberapa penyebab kulit wajah berminyak seperti dilansir laman Magforwomen:
  • Genetik. Coba perhatikan wajah orang tua dan anggota keluarga yang lain. Jika kebanyakan dari mereka memiliki wajah berminyak, bisa jadi penyebabnya adalah karena gen yang diturunkan.
  • Kosmetik. Terkadang, penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya juga bisa memicu produksi minyak berlebih.
  • Pergantian musim. Meningkatnya suhu dan kelembapan bisa membuat produksi minyak meningkat.
  • Obat-obatan. Sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatan? Bisa jadi wajah mengeluarkan minyak berlebihan karena konsumsi obat-obatan tersebut.
  • Kesalahan produk. Beberapa orang salah menggunakan produk kecantikan kulit karena kurang paham dengan kondisi kulitnya.
  • Perubahan hormon. Wanita khususnya mengalami perubahan hormon selama hidupnya, yaitu ketika menstruasi, hamil, dan menopause. Perubahan hormon itu pun memicu produksi minyak berlebih pada tubuh.
  • Stres. Sebagai bentuk respon terhadap stres, tubuh menghasilkan minyak berlebih dan membuat wajah tampak berkilau karena minyak tersebut.
  • Alat kecantikan. Selain produk kecantikan, alat kecantikan juga berperan dalam penyebab wajah berminyak. Misalnya penggunaan sikat atau bantal bedak yang mengganggu kinerja kelembapan kulit.
  • Tanning. Proses tanning atau pewarnaan kulit punya efek buruk bagi produksi kulit. Meskipun pada awalnya kulit menjadi kering setelah tanning, namun tubuh akhirnya mengeluarkan minyak berlebih.

 

Cara Merawat Wajah Berminyak

Perawatan untuk wajah berminyak bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini:

Masker Pisang
Selain dapat dikonsumsi untuk mengurangi kram saat haid, pisang juga mengandung Vitamin A, B dan E yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Cara membuat masker dari pisang adalah haluskan pisang, lalu aplikasikan pada wajah dan leher selama 15-20 menit. Jika Anda berjerawat, Anda dapat menambahkan madu di dalamnya.

Masker Lemon
Lemon mengandung Vitamin C yang dapat membuat kulit Anda lebih cerah dan mengurangi noda bekas jerawat. Cara membuat masker dari lemon adalah dengan memerasnya, kemudian tambahkan madu, lalu aplikasikan ke wajah dan leher Anda. Untuk hasil yang maksimal, dampingi dengan meminum air lemon hangat yang ditambah madu untuk membersihkan kulit dari dalam.

Masker Apel
Apel mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit. Selain itu, apel juga mengandung elastin dan kolagen. Kedua zat tersebut dapat membuat kulit tetap muda. Blender apel dan campurkan dengan madu serta air mawar, lalu aplikasikan pada wajah Anda. Kulit Anda pun akan nampak semakin cerah dan tampak muda.

Masker Pepaya
Sama seperti apel, papaya juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit. Papaya juga mengandung zat yang bernama papain yang berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit semakin cerah. Caranya yaitu dengan menghaluskan papaya kemudian aplikasikan pada kulit wajah dan leher Anda.

Masker Mangga
Mangga bukan hanya buah yang enak rasanya, tapi juga banyak manfaatnya. Sama halnya dengan beberapa buah lain, mangga juga mengandung Vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah penuaan kulit, regenerasi kulit serta mengencangkan kulit.
Top: Cara Jitu Agar Wajah Terlihat Awet Muda Secara Alami
Oke, itu dia cara merawat wajah secara alami untuk mengatasi wajah berminyak dan kusam. Silahkan dipraktekan dan lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba semoga masalah wajah berminyak anda dapat teratasi setelah membaca dan mempraktekkannya.
Cara Alami Merawat Wajah Berminyak dan Kusam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nanda Prasetya