Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat

Cara jitu menghapus bekas jerawat di wajah secara alami – Mempunyai wajah yang tidak jerawatan itu sungguh menyenangankan karena tidak akan boros akan hal membeli prodak ini dan itu bagi yang berjerawatan nah bagi anda yang berjerawatan silahkan baca Cara Alami Menghilangkan Jerawat di Wajah Tanpa Muncul Kembali. Bekas jerawat sebetulnya merupakan proses penyembuhan dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan jerawat pada jaringan kulit.

Selama proses ini, kulit memproduksi kolagen, suatu zat yang mendukung perbaikan jaringan kulit ternyata tidak cukup (atau terlalu banyak) kolagen yang dihasilkan, sehingga muncullah bekas jerawat. Kurangnya produksi kolagen membuat kulit menjadi tertekan dan berlubang, sedangkan kelebihan kolagen menyebabkan kulit menjadi terangkat dan muncul bintik-bintik dan flek hitam.

bekas jerawat, tips jerawat di wajah, cara meminimalisirkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat, cara meniadakan bekas jerawat, cara membuat hilang jerawat secara alami
Secara kesehatan, bekas jerawat memang tidak mengganggu, akan tetapi dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Kebanyakan bekas jerawat sebetulnya akan memudar dengan sendirinya setelah beberapa bulan, namun ada cara tertentu yang dapat dilakukan untuk membantu mempercepat proses dan menghindari munculnya kembali jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang kita bahas kali ini tidak instant yang dapat membuat bekas jerawat hilang dalam sehari. Namun cara alami ini memiliki kelebihan dibanding memakai bahan kimia atau kosmetik, yakni biaya murah, mudah untuk diterapkan dan mudah untuk mendapatkan bahannya. Maka dari itu kali ini caratipsterbaru.com akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat di wajah kita. (Baca juga : Penyebab Munculnya Jerawat Pada Orang Dewasa)

Inilah 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah Dengan Mudah

Tidak perlu membutuhkan banyak biaya yang mahal untuk bisa menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa mencoba dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita. Beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat yang bisa anda lakukan dirumah yaitu, antara lain :

1. Menggunakan tomat. 
Tomat kaya akan Vitamin A dan Lycopene, yang membantu nutrisi dan meremajakan kulit. Vitamin A membantu penyembuhan luka pada kulit dan membantu pertumbuhan yang cepat dari sel-sel kulit yang baru, sehingga akan mengurangi bekas jerawat yang ada. Caranya: siapkan tomat segar dan iris tipis. Letakkan irisan tomat tersebut pada area berjerawat, biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa membuat pasta dari tomat sebagai masker wajah. Blender 1 buah tomat, setelah lembut, oleskan merata ke wajah, tunggu selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini dua hari dalam setiap minggunya secara teratur.

2. Menggunakan perasan jeruk nipis. 

Jeruk nipis mengandung asam alpha hidroksi alami (AHA) yang dapat digunakan untuk memudarkan bekas luka, meningkatkan penyembuhan dan meremajakan kulit. Caranya adalah ambil beberapa jeruk nipis. Peras sebanyak satu hingga dua jeruk nipis. Kemudian gunakan air perasan tersebut ke wajah-wajah yang ada bekas jerawatnya. Biarkan sekitar 15 menitan kemudian bilas wajah denganair hingga bersih. Lakukan hal ini sekitar 3 kali dalam seminggu.

3. Menggunakan minyak zaitun. 
Minyak zaitun sudah dikenal sejak zaman dahulu. Selain bisa digunakan sebagai bahan untuk memasak, ternyata minyak zaitun juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Anda bisa membeli minyak zaitu kemasan di toko. Cara pemakainnya anda cukup oleskan minyak tersebut ke area bekas jerawat pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari.

4. Menggunakan Scrub Gula. 
Cara ini merupakan terapi untuk menyembuhkan bekas jerawat. Anda cukup menyediakan gula dan minyak zaitun untuk membuat scrub gula buatan sendiri. Gula murni mengandung asam glikolat dan AHA, yang berfungsi membersihkan sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel. Caranya: campurkan 2 sendok gula (murni/organik) dengan 1 sendok minyak zaitun, kemudian tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis, lalu buat adonan menjadi scrub. Terapkan scrub gula tersebut pada bekas jerawat, biarkan selama sekitar lima belas menit, lalu cuci dengan air bersih. Lakukan setiap hari.

5. Menggunakan madu. 
Madu merupakan bahan sebagai pelembab alami, untuk membersihkan jerawat dan mengurangi bekas jerawat. Hal ini dikarenakan madu mengandung sifat antibakteri dan membantu menetralisir zat-zat yang ada di kulit serta mengurangi peradangan. Agar lebih efektif, sebaiknya anda menggunakan madu alami, bukan madu olahan yang sudah berbentuk produk. Cara pakainya sukup mudah, anda dapat mengoleskan madu langsung ke daerah bekas jerawat.

6. Menggunakan lidah buaya. 
Lidah buaya adalah yang sumber vitamin potensial yang dapat membantu untuk menyembuhkan bekas jerawat dan luka. Gelnya yang lembut, tidak akan merusak kulit anda. Lidah buaya juga dapat berfungsi sebagai pelembab alami, yang menjadikan kulit menjadi lembut dan sehat. Cara penggunaannya juga cukup mudah, potong lidah buaya sesuai kebutuhan, kupas kulitnya dan peras gel yang ada di dalamnya. Setelah mendapatkan cukup gel lidah buaya, oleskan ke daerah bekas jerawat dengan melakukan pijatan-pijatan lembut. Biarkan selam kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

7. Menggunakan mentimun. 
Mentimun adalah bahan alami yang bagus untuk perawatan wajah. Tidak hanya baik untuk sayuran, mentimun mengandung vitamin A, vitamin C dan magnesium, yang bermanfaat baik untuk kulit anda. Cara menggunakan mentimun untuk penyembuhan bekas jerawat, anda cukup membeli mentimun (organik), lalu potong beberapa irisan tipis. Kemudian letakkan irisan mentimun di kulit bekas jerawat dan luka. Setelah sekitar tiga puluh menit, ambil irisan mentimun tersebut dan bilas wajah dengan air bersih. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Menggunakan Teh Hijau + Es Batu. 
Cara menghilangkan bekas jerawat yang terakhir adalah menggunakan es teh hijau. Es batu adalah bahan alami yang sangat sederhana yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat, kulit yang meradang dan mengurangi kulit kemerahan pada wajah. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Buatlah teh hijau lalu hanya bungkus dengan plastik. Taruh di dalam lemari es dan jadikan es batu. Setelah menjadi es, oleskan dan taruh es tersebut di area luka selama sekita 1-2 menit hingga kulit terasa mati rasa. Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang melengkapi efek pendingin es. Lakukan hal ini setiapp hari untuk hasil yang maksimal.

9. Jus Kentang. 
Kentang kaya akan vitamin dan mineral. Selain sebagai sumber makanan, kentang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan penyembuhan luka. Caranya: siapkan kentang segar, lalu potong tipis-tipis. Tambahkan air, lalu buatlah jus kentang (jangan terlalu encer). Setelah itu oleskan jus kentang tersebut ke bekas jerawat sambil melakukan pijatan lembut dan memutar. Biarkan dahulu selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini 3-5 kali dalam sehari.

10. Baking Soda. 
Baking soda adalah item rumah tangga yang banyak manfaat, termasuk kemampuannya untuk membantu menyembuhkan bekas luka. Baking soda terdiri dari kristal natrium bikarbonat yang lembut berfungsi untuk pengelupasan kulit bila digunakan sebagai scrub pembersih. Caranya: campurkan 2-3 sendok teh baking soda dengan cukup air untuk membuat pasta kental. Setelah itu oleskan merata ke are bekas jerawat kemudian lakukan pijatan lembut secara memutar. Biarkan dahulu selama satu atau dua menit, agar baking soda bekerja membersihkan pori-pori dan menghilangkan noda pada kulit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan hal ini ini sekali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Baca juga:  Kenali Penyebab Utama Timbulnya Jerawat Pada Remaja

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa anda coba di rumah, tentunya dengan biaya yang murah dan bahan yang mudah didapatkan. Anda dapat menerapkan satu dari sepuluh tips diatas yang sekiranya cocok untuk kulit anda. Bagi yang mempunyai masalah jerawat batu saya rekomendasikan untuk membaca Cara Jitu Menghilangkan Jerawat Batu di Wajah Secara Alami. Hasilnya memang tidak instant namun cara yang aman untuk wajah anda. Silahkan mencoba.
Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nanda Prasetya